Header Ads

ad728
  • Mengenal Networking Tool GNS3


    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pada kesempatan kali ini,saya akan membagikan artikel tentang GNS3.Ok kita langsung saja :D

    A.Latar Belakang

    Di masa sekarang,jika kita ingin membuat sebuah Lab jaringan pribadi,entah itu digunakan untuk berlatih,tugas,dsb yang pertama kali kita butuhkan adalah sebuah alat penyusun Lab jaringan yang ingin kita buat.Mengapa tidak langsung menyusunya?jawabanya simpel,biaya untuk membuat sebuah Lab Jaringan Sangatlah mahal.Apalagi Lab jaringan yang terdiri dari perangkat jaringan milik Cisco System.Lalu bagaimana cara kita agar bisa membuat sebuah Lab jaringan namun tidak terlalu mengeluarkan biaya yang banyak?jawabanya adalah GNS3.Kali ini kita akan berkenalan dengan software yang bernama GNS3.

    B.Rumusan Masalah

    • apa itu GNS3?
    • siapa pembuat GNS3?
    • kapan GNS3 dibuat?
    • mengapa menggunakan GNS3?
    • bagaimana cara kerja GNS3?

    C.Tujuan

    • agar mengetahui apa itu GNS3
    • agar mengetahui siapa pembuat GNS3
    • agar mengetahui kapan GNS3 dibuat
    • agar mengetahui mengapa kita harus menggunakan GNS3
    • agar memahami cara kerja GNS3

    D.Alat dan Bahan

    • Pc/laptop
    • koneksi internet
    • charger
    • niat dan keyakinan

    E.Materi

    Sejarah

    Awal Release GNS3 pada tahun 2008,GNS3 dibuat dalam bahasa python oleh Pengembang software yang bernama Jeremy Grossmann.



    Pengertian

    GNS3 atau sering kali disebut Graphical Network Simulator adalah sebuah software yang digunakan untuk melakukan simulasi network yang lebih kompleks. Simulator ini bisa dibilang sama dengan kondisi nyata network yang kita bangun, karena untuk menjalankan simulator ini dibutuhkan system operasi aslinya dari si perangkat yang ingin kita simulasikan. Sebagai contoh apabila kita ingin melakukan simulasi jaringan menggunakan perangkat cisco maka kita membutuhkan IOS(internetwork operating system) dari perangkt cisco yang kita ingin simulasikan.

    GNS3 juga merupakan media belajar terutama untuk yang sedang mempersiapkan diri menuju sertifikasi seperti CCNA, CCNP, bahkan CCIE. Yaa daripada beli perangkat yang real kan pastinya mahal hahaha, yaa ini merupakan solusi mudah dan murah untuk para penggiat networking untuk melakukan simulasi sebelum membangun jaringan yang real. Oiya GNS3 ini memungkinkan kita untuk melakukan simulasi multi vendor, seperti Cisco, Juniper, MikroTIk, dan lain nya. Bukan hanya itu GNS3 juga ternyata bisa di integrasikan dengan beberapa software virtualisasi seperti virtualbox dan vmware yang memungkinkan kita bisa melakukan simulasi menggunakan real server dalam jaringan kita.

    Alasan menggunakan GNS3

    Kenapa? Berikut alasannya:

    • GNS3 bersifat free, dan open source. Apalagi yang lebih baik daripada free software, yang mengutamakan freedom pengguna? Open source, kode sumber terbuka dan kita bisa berkontribusi di github mengenai fiturnya.Oleh karena itu GNS3 menjadi tools simulasi network yang terfavorit hingga kini. 

    • Penggunanya banyak, komunitasnya banyak.Supportnya mudah didapat.

    • Jika berbicara tentang aplikasi network simulator, GNS3 memiliki fitur yang hampir tak terbatas.

    Alasan lain

    Ketika belajar CCNA, kita bisa memanfaatkan packet tracer. Tapi biasanya akan menghadapi kesulitan jika melanjut ke track lebih tinggi seperti CCNP atau CCIE.

    Kalau urusan router cisco, semuanya bisa kita pelajari hanya dengan GNS3. Tapi kalau belajar switch, GNS3 tidak support semua fiturnya, hanya sebagian kecil. Ini akan kita bahas di panduan ke 3 tentang perangkat apa saja yang bisa disimulasikan di GNS3.

    Solusi terakhir adalah dengan membeli perangkat asli, masalah pertama tentu adalah biaya. Lalu fleksibilitas. Makanya walaupun kita punya perangkat asli, tetap saja butuh GNS3.

    Bisa dibilang GNS3 memang aplikasi wajib yang harus dimiliki seorang IT networker.


    Cara Kerja GNS3

    GNS3 tersusun atas komponen-komponen emulator dan teknologi virtualisasi, tugasnya hanya mengemulasikan/memvirtualisasi, maka kita yang menentukan sendiri apa yang mau dijalankan diatas emulator tersebut.

    Sehingga di GNS3 kita harus menyediakan isinya sendiri, router, switch, firewall, server. Semuanya.  Ada sih beberapa perangkat bawaan seperti virtual switch, hub, cloud, tapi ini hanya pendukung.

    F.Kesimpulan

    Dengan menggunakan software GNS3 kita dapat membuat sebuah LAB jaringan berbasis Cisco ataupun perangkat yang kita kehendaki.dan juga,dengan kita menggunakan software GNS3 kita dapat menghemat pengeluarang biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah LAB jaringan.


    G.Referensi


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728