Header Ads

ad728
  • Mengenal Cisco


    Assalamualaikum Wr.Wb
    pada postingan kali ini,saya akan memperkenalkan kalian dengan Cisco.Ok kita langsung saja pembahasanya.

    A.Latar Belakang

    Di zaman sekarang teknologi telah berkembang sangat pesat.dan dimana ada teknologi pasti ada konektivitas serta ilmu telekomunikasi. Konektivitas dan ilmu telekomunikasi dapat diartikan sebagai sebuah jaringan yang hidup yang membutuhkan sebuah perantara yang berupa sebuah media teknologi.Tanpa adanya sebuah teknologi yang menampung sebuah konektivitas dan telekomunikasi,maka proses konektivitas dan telekomunikasi tidak akan bisa di lakukan.

    B.Rumusan Masalah

    • apa itu Cisco?
    • siapa pendiri Cisco?
    • kapan Cisco didirikan?
    • mengapa menggunakan Cisco?

    C.Maksud dan Tujuan

    • agar memahai tentang Cisco
    • agar mengetahui pendiri dari Cisco
    • agar mengetahui didirikannya Cisco
    • agar mengetahui kelebihan dan kekurangan Cisco

    D.Materi

    Pengertian

    Cisco System adalah sebuah perusahaan telekomunikasi global terbesar di dunia yang bekerja dalam bidang hardware dan software yang difungsikan untuk pengelolaan telekomunikasi yang diimplementasikan dalam jaringan.Perusahaan Cisco sendiri terletak di San Jose,California,Amerika Serikat.

    Sejarah

    Sandy Lerner dan Len Bosack 
    Pada awal tahun 1980-an ada sepasang suami istri yang bernama Len Bosack dan Sandy Lerner yang dulunya berkerja di departemen komputer yang berbeda yang terletak di Stanford University.Pasangan ini sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer mereka berkomunikasi satu sama lain. Untuk mengatasi masalah ini, mereka membuat sebuah server gateway di ruang tamu mereka yang menuju cara sederhana membuat dua departemen berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan protokol IP. Mereka mendirikan cisco Systems (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki server gateway komersial kecil yang membawa sebuah revolusi dalam Networking. Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Advanced Gateway Server (AGS) adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan.


    Mengapa Menggunakan Cisco?

    1. CISCO sangat mementingkan : KUALITAS.
    Kualitas disini bisa dilihat dari hal-hal yang terkecil, seperti :

    • Pemilihan bahan casing untuk setiap produknya. Casing pada produk-produk buatan CISCO bukanlah sekedar terbuat dari plastik tipis biasa yang dicat metalik agar menyerupai logam sehingga memberi kesan kokoh. Tapi, casing pada produk-produk buatan CISCO terbuat dari logam maupun plastik berkualitas tinggi dengan ketebalan yang lebih tebal sehingga mampu memberikan perlindungan lebih kokoh pada komponen yang ada didalamnya. Sehingga, bukan hanya memberi kesan, tapi memang memberikan kualitas yang lebih baik.
    • Pemilihan bahan untuk komponen dalam produk-produk CISCO. Anda bisa lihat dari port UTP yg ada disetiap produk CISCO. Port UTP ini tidak mudah merenggang akibat dari pemilihan bahan baku yang buruk. Menjamin port UTP itu mampu memberikan kinerja untuk waktu yang lebih lama. Anda tidak perlu khawatir salah satu atau beberapa port UTP pada switch / router CISCO yang anda beli akan mati jika sering dilepas pasang dengan RJ45.
    • CISCO memikirkan, mendesain, dan membuat setiap produknya dengan sangat cermat. Misalnya, saat anda membutuhkan sebuah perangkat untuk jaringan yang tidak menggunakan fan / fanless, maka anda tidak perlu kuatir dengan sistem airflow / aliran udara yang terjadi didalamnya karena CISCO sudah memperhitungkan, mendesain, dan membuat setiap produknya sesuai dengan peruntukannya. Demikian juga saat anda membutuhkan produk yang menggunakan fan didalamnya / integerated fan, maka anda tidak perlu kuatir dengan perputaran dan kinerja dari fan tersebut karena semua sudah diperhitungkan dengan cermat oleh CISCO.
    • CISCO menuliskan keterangan dan semua informasi pada kardus pembungkus maupun pada buku/dokumen manualnya sama seperti yang ada didalam produk tersebut.  Misalnya, jika tertulis membutuhkan arus listrik sebesar 12 watt, maka produk tersebut memang hanya akan mengkonsumsi listrik sebesar 12 watt.

    Bahkan, saat anda tidak lagi menggunakan perangkat buatan CISCO tersebut, dan kondisi perangkat itu masih bekerja normal, anda masih bisa menjualnya kembali kepada pihak lain yang membutuhkan, dengan harga yang lebih tinggi dari perangkat second hand merek lain.

    2. CISCO juga mementingkan sistem yang terintegerasi.

    Setiap produk CISCO, mulai dari switch, router, access point, bisa bekerja sama dengan baik jika digabungkan bersama dalam suatu jaringan. Bahkan, banyak router buatan CISCO yang sudah memiliki fasilitas firewall dan VPN-nya sendiri, sehingga anda tidak perlu repot-repot menyediakan / membuat firewall dan VPN sendiri. Bahkan, beberapa seri rendah maupun menengah buatan CISCO, baik yang memiliki harddisk maupun tidak, juga sudah memiliki load balancing-nya sendiri, sehingga anda tidak perlu menambahkan perangkat lain untuk sekedar memberikan fasilitas load balancing.
    Jadi, CISCO juga sudah memikirkan dan membuat lapisan-lapisan pengamanan untuk jaringan milik anda secara terintegerasi.
    Saat anda membeli perangkat buatan CISCO, CISCO juga memberitahukan anda perangkat apa saja yang bisa bekerja sama dengan perangkat yang sudah anda pilih, sehingga anda tidak perlu lagi bingung memilih dan menggabungkan perangkat yang sudah ada dengan perangkat lain.

    E.Kesimpulan

    Dengan adanya Cisco sebagai sebuah media yang melayani telekomunikasi dan menyediakan layanan yang dibutuhkan dalam suatu jaringan maka konektivitas dan telekomunikasi dapat dibangun dengan lebih mudah dan berkualitas.

    F.Referensi


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728