Header Ads

ad728
  • Apa Yang Dimaksud Dengan DNS?



    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang apa yang dimaksud dengan DNS.
    Ok,tanpa panjang lebar mari kita langsung ke TeKaPe :D

    A.Latar Belakang

    Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap lokasi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik.

    B.Rumusan Masalah

    • Apa itu DNS?
    • Siapa penemu dari DNS?
    • Kapan DNS dibuat?
    • Mengapa menggunakan DNS?
    • Bagaimana cara kerja DNS?

    C.Tujuan

    • Agar dapat mengetahui apa itu DNS
    • Agar dapat mengetahui siapa penemu dari DNS
    • Agar dapat mengetahui kapan DNS dibuat
    • Agar dapat mengetahui mengapa menggunakan DNS
    • Agar dapat memahami bagaimana cara kerja DNS

    D.Alat dan Bahan

    • Pc/laptop
    • Charger
    • niat
    • keyakinan

    E.Materi

    Pengertian

    Domain Name System (DNS) adalah sebuah standard dalam technology untuk mengatur penamaan publik dari sebuah situs website atau domain internet. Dengan adanya Teknologi DNS, memungkinkan anda untuk mengetikkan atau menulis nama atau domain ke sebuah web browser (misal www.bestariwebhost.com) dan Komputer Anda akan secara otomatis menemukan alamat IP dari domain tersebut di internet. Elemen kunci dari DNS adalah seluruh DNS Server yang ada di dunia.

    DNS server adalah komputer / server yang terdaftar dan terhubung ke Domain name System (DNS). DNS Server bertugas menjalankan software networking khusus, yang memetakan alamat IP yang berisi database nama network dan internet hostname.

    Penemu

    Salah satu tokoh besar yang berada dibalik perkembangan dunia internet ialah Paul Mockapetris. Ia merupakan seorang computer scientist sekaligus seorang internet pioneer yang menjadi salah satu pengembang dunia internet. Namanya menjadi kian mendunia, karena ternyata teknologi yang Ia kembangkan berhasil menjamah seluruh masyarakat dunia dan menjadikan era teknologi modern menjadi kian berkembang.

    Seorang Paul Mockapetris adalah seorang pengembang dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di mana Ia dan seorang temannya berhasil mengembangkan Domain Name System yang di kemudian hari dipergunakan sebagai dasar pengembangan dunia internet di dunia. Pria yang merupakan lulusan dari Universitas Boston ini memang dikenal cerdas dan pantang menyerah untuk mengembangkan berbagai macam teknologi baru dalam dunia teknologi. Tentu saja, hasil kerjasamanya dengan Jon Postel akhirnya membuahkan hasil yang manis untuk dunia.

    DNS yang Ia ciptakan akhirnya dapat digunakan pada sistem domain yang sekarang kerap kali kita gunakan ketika sedang berselancar di dunia maya. Tak hanya itu saja, sebagai salah satu orang yang mempelopori perkembangan dunia internet di dunia, Paul Mockapetris kemudian dianggap sebagai seorang yang sangat berjasa untuk dunia. Bahkan, namanya telah berkali-kali menyabet berbagai penghargaan di berbagai tingkat karena prestasinya dalam mengembangkan dunia teknologi informasi dan komunikasi. Dalam perjalanan karirnya, Ia bahkan juga mempelopori pengembangan program studi DNS architecuture pada tahun 1983, di mana saat itu belum banyak orang yang mengenal komputer.

    Mengapa menggunakan DNS?

    1. lebih mempermudah kita dalam hal mencari nama dari suatu situs atupun website
    2. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name.
    3. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa saja berubah, tapi host name tidak harus berubah.
    4. Simple, DNS server mudah untuk dikonfigurasikan (bagi admin).

    Cara Kerja DNS

    sumber gambar : mata-cyber.blogspot.com

    Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa :
    1. Mencari alamat host pada file host, jika ada alamat maka akan diproses sampai selesai
    2. Mencari data cache yang sudah dibuat oleh resolver agar bisa menyimpan hasil dari permintaan.
    3. Mencari di alamat server DNS pertama yang sudah ditentukan oleh user.
    4. Apabila DNS server yang pertama tidak dapat ditemukan makan DNS server selanjutnya akan meneruskan dengan proses yang sama.

    F.Kesimpulan

    DNS server dalam sebuah jaringan komputer akan memudahkan komputer client saling berkomunikasi dengan komputer server. Proses yang digunakan DNS server adalah dengan menggunakan dua proses yaitu secara iteratif kepada client server dan rekursif kepada komunikasi untuk antar DNS server.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728