Header Ads

ad728
  • Apa Itu Jaringan Komputer?

    Jaringan


    Perangkat yang terhubung dalam jaringan

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Hai sobat blogger :) Hari ini saya akan memperkenalkan kalian dengan sebuah jaringan komputer :D yeey!
    ok,kita langsung saja!

    B.Pendahuluan

    jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

    Pengertian

    Jaringan komputer merupakan sebuah hubungan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi,baik mengirim data maupun menerima sebuah data yang dibagikan dalam suatu hubungan telekomunikasi.

    C.Manfaat dan Tujuan

    • Agar kita mengetahui apa itu jaringan.
    • Untuk memperkuat pemahaman kita atas konsep dasar jaringan.
    • Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
    • Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
    • Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
    • Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
    • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
    • Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.

    D.Materi

    1.Macam - Macam Jaringan Komputer

    Jaringan komputer sendiri pada umumnya dikelompokkan menjadi 5 kategori.yaitu berdasarkan cakupan wilayahnya, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan.Begini lebih lengkapnya :


    A.Berdasarkan cakupan wilayahnya
     
    1.LAN

    Adalah sebuah jaringan Local Area Network.Atau juga sering disebut sebagai LAN.Jaringan komputer ini,adalah jaringan yang hanya mencakup suatu wilayah yang kecil.Contohnya : Warnet,Kantor,Rumah,Sekolah,ataupun tempat umum lainnya.Pada umumnya Jaringan LAN memiliki kecepatan trasfer data sekitar 10 - 1000 MB/s.teknologi yang digunakan Pada jaringan LAN,tidaklah hanya menggunakan Ethernet dan tak sedikit ada yang memakai teknologi Wireless.

    2.MAN

    Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

    3.WAN

    Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua. WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbebeda.



    B.Berdasarkan Sumber Informasi/Data

    1. Jaringan Terpusat dan Terdistribusi

    Yang dimaksud jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server. Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.Sedangkan jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

    C.Berdasarkan Media Transmisi

    1. Jaringan Berkabel (Wired Network)
    Wired Network

    Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/data atau terhubung dengan internet.


    2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
    Wireless Network


    Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya.

    D.Jaringan Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

    1. Jaringan Client Server
    Pengertian Jaringan Client Server ini terdiri dari satu atau lebih komputer client, biasanya yang terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client.

    Untuk tugas komputer server yaitu menyediakan sumber daya data yang nantinya akan digunakan oleh Komputer Client. Sedangkan komputer client mempunyai tugas yaitu menggunakan sumber daya data yang telah disediakan oleh komputer server.



    2. Jaringan Peer to Peer

    Pengertian Jaringan Peer to Peer ini masing masing komputer baik itu komputer server ataupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama, jadi komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

    Pada jaringan ini hanya membutuhkan 2 komputer dan 1 kabel saja untuk bisa saling terkoneksi dalam jaringan.



    E.Jaringan Berdasarkan Topologinya

    1. Topologi Bus
    Jenis topologi bus ini menggunakan kabel tunggal, seluruh komputer saling berhubungan secara langsung hanya menggunakan satu kabel saja.

    2.Topologi Star
    Pada topologi star ini,setiap komputer langsung dihubungkan menggunakan Hub, dimana fungsi dari Hub ini adalah sebagai pengatur lalu lintas seluruh komputer yang terhubung.

    3.Topologi Ring
    Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan.

    4.Topologi Mesh
    Merupakan rangkaian jaringan yang saling terhubung secara mutlak dimana setiap perangkat komputer akan terhubung secara langsung ke setiap titik perangkat lainnya. Setiap titik komputer akan mempunyai titik yang siap untuk berkomunikasi secara langsung dengan titik perangkat komputer lain yang menjadi tujuannya.

    5.Topologi Tree
    Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728